banner 468x60

Buku : Model Instrumen Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa

banner 468x60

Penulis: Iis Maisah
Guru SMPN 2 Katapang Kab. Bandung, Alumni Kelas Menulis MediaGuru – WJLRC

Model penilaian autentik dewasa ini banyak dibicarakan di dunia pendidikan, karena model ini direkomendasikan atau bahkan ditekankan penggunaannya dalam kegiatan menilai hasil belajar pembelajaran. Salah satu permasalahan yang muncul adalah belum semua guru memahami konsep dan pelaksanaan penilaian autentik. Jika konsep belum terpahami, bagaimana mungkin kita mau mempergunakannya untuk keperluan praktis pada kegiatan pembelajaran? Mungkin orang menyangka atau mengatakan telah menggunakan penilaian autentik untuk menilai hasil belajar siswa, tetapi pada kenyataannya tidak demikian.

Penilaian autentik merupakan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata untuk menilai hasil belajar siswa, tetapi juga berbagai faktor lain, misalnya kegiatan pembelajaran yang dilakukan sendiri.

Berkaitan dengan pandangan tersebut, dalam buku ini diuraikan secara tuntas konsep penilaian pembelajaran yang autentik, khususnya dalam pembelajaran menulis. Selain itu disertakan juga contoh-contoh instrumen yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis yang berorientasi pada aktivitas dan karakter siswa yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menilai kompetensi siswa secara komprehensif.

***

Buku keren ini dan juga buku-buku lainnya merupakan hasil dari pelatihan Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) yang diadakan MediaGuru. Silakan lihat buku-buku lainnya di: http://sagusabu.mediaguru.id

Para guru yang ingin belajar menulis dan hasil tulisannya diterbitkan Pustaka MediaGuru seperti buku ini, silakan ikuti kelas menulis MediaGuru di kota Anda.

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Buku : Model Instrumen Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa"