banner 468x60

Guru Ninja

No comment 54 views
Guru Ninja,5 / 5 ( 1votes )
banner 468x60

“Mendaki gunung lewati lembah
Sungai mengalir indah ke Samudra
Bersama teman bertualang

Tempat yang baru belum pernah terjamah
Suasana yang ramai di tengah kota
Selalu waspadalah kalau berjalan
Siap menolong orang dimana saja” (Ninja Hatori)

Menjadi ninja merupakan salah satu pilihan yang harus saya ambil ketika mendengar laporan dari salah seorang siswa bahwa di toilet perempuan ada 2 anak kelas 1 SD yang bernama Naomi dan Amel terkunci di dalam. Setelah mendatangi lokasi kejadian di toilet perempuan, ternyata benar memang ada dua anak yang sedang terkunci di dalam. Sebagai guru ninja, saya berharap kepada orang tua yang tidak mendampingi anak-anaknya yang sedang ke toilet umum khususnya, pastikan bahwa kuncinya bisa dibuka oleh anak-anak.

Guna mengambil langkah selanjutnya, saya pastikan terlebih dahulu kedua anak yang terkunci di dalam toilet agar tidak panik dan tidak menangis. Saya tanyakan kepada mereka, apakah sudah memakai baju ataukah tidak? Ini penting saya lakukan untuk memastikan mereka telah berpakaian sebelum saya memanjat dinding toilet. Alhamdulullah, anak-anak itu menyampaikan bahwa mereka sudah memakai baju dan tidak menangis sehingga saya akhirnya memanjat dinding.

Kemampuan memanjat telah saya buktikan ketika saya berada di pondok pesantren pada usia 15 tahunan. Kala itu untuk meramaikan dan menyemarakkan maulud nabi, pihak pondok pesantren mengadakan lomba panjat pinang dan kebetulan sayalah yang menjadi juaranya dan sampai di puncak teratas bambu yang dijadikan media lomba panjat pinang.

Sebagai seorang yang pernah menjadi santri mbeling di pesantren, saya juga memiliki pengalaman yang tidak bisa saya lupakan. Pernah suatu ketika saya henndak mengambil kelapa milik Mbah Kyai, saya panjat pohon kelapa yang berada di area pesantren dengan ketinggian kira-kira 25 meter. Begitu sampai di atas ketika hendak mengambil buah kelapa, ternyata Mbah Kyai berada di bawah sedang asyik membakar sampah kurang lebih 2 jam lamanya.

Selama berada di atas pohon kelapa, saya hanya berdoa mudah-mudahan Mbah Kyai tidak tahu bahwa saya berada di atas pohon kelapa, tetapi saya yakin bahwa Mbah Kyai tahu saya berada di atas pohon.

Nampaknya dua cerita kejadian itu memberikan bekal tersendiri bagi saya bahwa saya memiliki kemampuan untuk memanjat yang merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seorang ninja, sehingga hari itu saya menjadi guru ninja. Pilihan memanjat ini menurut saya sangatlah tepat, dengan memanjat dinding berarti tidak merusak pintu toilet. Walhasil dua anak yang terjebak di toilet dapat terselamatkan.

Guru ninja biasanya sangat aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Mampu membuat media pembelajaran dari lingkungan sekitar, barang bekas ataupun berkreasi dalam bentuk digital. Ciri-ciri guru ninja sangatlah gampang ditemukan, bila guru itu sedang mengetik tidak menggunakan program aplikasi Microsoft Office melainkan mengetik di Winamp, bisa dipastikan bahwa dia adalah guru ninja…­čśÄ­čśÄ

#GenerasiOptimis

Related Search

Email Autoresponder indonesia
Tags:
author
Author: 

    Leave a reply "Guru Ninja"