banner 468x60

Jadwal Pendaftaran, Verifikasi, dan Batas Akhir Kelengkapan Berkas Caleg

banner 468x60

Proses pendaftaran Caleg pemilu 2019 diawali dengan pengisian Sistem Informasi Calon (Silon) oleh partai politik yang telah dibuka jauh hari sebelum proses pendaftaran bakal Caleg yang akan dilakukan oleh partai politik kemudian. Selanjutnya proses pendaftaran Caleg pemilu 2019 baru dilakukan oleh partai politik setelah Silon terisi dengan sempurna untuk semua nama – nama Caleg yang akan didaftarkan oleh partai politik. Setelah itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan pengecekan data dan atau syarat bagi Caleg yang akan didaftarkan oleh partai politik. Jika data Caleg yang diberikan belum lengkap, maka partai politik dapat melakukan perbaikan data dan syarat Caleg hingga tanggal 17 bulan Juli 2018.

Partai solidaritas Indonesia merupakan partai pertama yang melakukan pendaftaran bakal Caleg di KPU kabupaten Kutai timur pada tanggal 9 Juli 2018. Partai solidaritas Indonesia mendaftarkan bakal Caleg yang tersebar di tiga daerah pilihan (dapil). Divisi teknis pemungutan dan penghitungan suara KPU kabupaten Kutai timur yang menerima langsung berkas pendaftaran 50 bakal Caleg dari Partai solidaritas Indonesia tersebut. KPU kabupaten Kutai timur sendiri mulai membuka pendaftaran bakal Caleg sejak tanggal 4 Juli 2018. Pendaftaran bakal Caleg di KPU kabupaten Kutai timur sendiri akan ditutup pada hari Selasa tanggal 17 Juli 2018 untuk selanjutnya proses pemilihan legislative (pileg) untuk memilih Caleg 2019.

Ketua DPD Partai solidaritas Indonesia Kabupaten Kutai timur yang memimpin proses pendaftaran para Caleg dari Partai solidaritas Indonesia. Semua Caleg dari Partai solidaritas Indonesia turut serta mengawal proses pendaftaran bakal Caleg oleh pengurus Partai solidaritas Indonesia ke KPU kabupaten Kutai timur tersebut. 50 bakal Caleg dari Partai solidaritas Indonesia telah didaftarkan oleh pengurus Partai solidaritas Indonesia di KPU Kabupaten Kutai timur yang untuk selanjutnya beberapa berkas harus dilengkapi dan harus dipenuhi kekurangannya sampai batas waktu terakhir tanggal pendaftaran Caleg yaitu tanggal 17 Juli 2019 untuk bisa diikutkan dalam pileg 2019.

Selama menunggu kelengkapan berkas bakal Caleg tersebut maka pihak KPU juga sekaligus akan melakukan proses verifikasi terhadap berkas Caleg yang sudah masuk dan mendaftarkan diri. Verifikasi berkas Caleg oleh KPU berakhir tanggal 18 Juli 2018 atau sehari setelah hari terakhir penutupan pendaftaran berkas Caleg. KPU berharap partai politik mengupayakan secara maksimal agar berkas Caleg yang didaftarkan benar – benar sudah lengkap. Data berkas pendaftaran bakal Caleg juga harus sudah dimasukkan oleh partai politik ke sistem Informasi calon (Silon) milik KPU, sebab partai politik hanya tinggal mencetak data Caleg tersebut untuk kemudian dilampirkan dalam syarat pendaftaran Caleg.

Partai politik juga diharapkan melakukan pengecekan sendiri terhadap kelengkapan berkas bakal Caleg sesuai dengan apa yang sudah diberikan dalam daftar persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal Caleg. Untuk persyaratan yang masih kurang atau belum lengkap, bisa diperbaiki selama masa perbaikan tanggal 22 sampai 31 Juli 2018.
Ketua DPD Partai solidaritas Indonesia kabupaten Kutai timur sengaja mengambil pendaftaran bakal Caleg pada tanggal 9 karena disesuaikan dengan nomor urut Partai solidaritas Indonesia yakni nomor 11. Pendaftaran bakal Caleg Partai solidaritas Indonesia juga dilakukan pada jam 09.00 WIB untuk menyelaraskan juga dengan nomor Partai solidaritas Indonesia, dengan harapan semoga Partai solidaritas Indonesia bisa meraih kejayaan dalam pileg 2019. Demikian jadwal pendaftaran, verifikasi dan batas akhir kelengkapan berkas Caleg dengan mengambil contoh Partai solidaritas Indonesia yang melakukan proses pendaftaran, verifikasi sampai kelengkapan berkas di KPU kabupaten Kutai timur.

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Jadwal Pendaftaran, Verifikasi, dan Batas Akhir Kelengkapan Berkas Caleg"