banner 468x60

Kelestarian Penyu dan Ubur-Ubur di Derawan

No comment 28 views
banner 468x60
Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia Kompas TV, Ramon Y Tungka Menyelam Bersama Ubur-ubur di Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur | Dok. KOMPAS TV

KOMPAS.com – Kepulauan Derawan terkenal sebagai salah satu surga penyelaman di Kalimantan Timur. Kesempatan itupun tak dilewati tim “100 Hari Keliling Indonesia” yang dipandu Ramon Y Tungka. Selagi menyelam, banyak hewan laut yang hendak ditemui tim, salah satunya penyu hijau.

“Kali ini spot penyelaman berada di Turtle Point, seperti namanya di sana sering dijumpai beberapa jenis penyu, salah satunya adalah penyu hijau,” ujar salah satu tim “100 Hari Keliling Indonesia”,  Ignatius Dimas Yulianto, di Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Dari Turtle Point, tim melanjutkan ke Pulau Sangalaki, yaitu pulau tempat penyu-penyu bertelur. “Malam harinya pukul 22.30 Ramon mencoba keberuntungan untuk melihat penyu yang sedang bertelur, gelap gulita kita menyusuri pantai Pulau Sangalaki untuk mencari penyu yang sedang bertelur,” kata Dimas.

Masih di seputaran Sangalaki, pada pagi hari, Ramon pun menuju fish super market yang menjadi surga di laut Derawan. “Benar surga bawah laut di Kepulauan Derawan, banyak sekali ikan yang kita jumpai, termasuk ikan yang Ramon tunggu-tunggu, yaitu ikan pari manta,” Dimas menjelaskan.

“Tidak hanya diving di laut, Ramon juga snorkeling di Kakaban, yaitu sebuah danau yang terbentuk 21 ribu tahun lalu. Air danau ini tadinya adalah air laut, tapi setelah terperangkap ribuan tahun lalu menjadi tawar airnya” tambahnya.

Disini, lanjut Dimas, Ramon banyak menjumpai jenis ubur-ubur tidak menyengat. Di dunia, ekosistem seperti ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Kepulauan Micronesia serta di Kakaban, Derawan.

Kisah penyelaman Ramon dapat disaksikan pada episode 12 tayangan “100 Hari Keliling Indonesia”. Program akan ditayangkan di Kompas TV pada Rabu (27/11/2013) pukul 20.00 WIB.

sumber: http://travel.kompas.com/read/2013/11/27/1611591/Berjumpa.Penyu.dan.Ubur-Ubur.di.Derawan diakses pada tanggal 28 Nopember 2013

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Kelestarian Penyu dan Ubur-Ubur di Derawan"