banner 468x60

Langkah – Langkah Untuk Pendaftaran Bakal Caleg 2019

banner 468x60

Pendaftaran bakal Caleg 2019 telah dibuka pada hari Rabu tanggal 4 Juli 2018, dan berakhir pada tanggal 17 Juli 2018. Keputusan ketua Komisi Pemilihan Umum mengenai langkah – langkah pendaftaran bakal Caleg 2019 yaitu masing – masing partai politik yang harus mendaftarkan bakal Caleg 2019 yang dipilihnya sesuai daerah di masing – masing tingkatan yang telah ditentukan.

Untuk pendaftaran bakal Caleg 2019 tingkat DPRD baik kabupaten atau kota harus didaftarkan oleh pengurus partai tingkat kabupaten atau kota di Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berada di kabupaten atau kota tersebut. Sementara itu untuk pendaftaran bakal Caleg 2019 di tingkat provinsi yang mendaftarkan adalah pengurus partai tingkat provinsi ke Komisi Pemilihan Umum ( KPU) tingkat provinsi pula. Di tingkat provinsi sendiri ada DPD juga.
Pendaftaran bakal Caleg 2019 hanya boleh didaftarkan atau diajukan oleh satu partai politik saja di satu daerah pilihan dalam satu tingkat dewan perwakilan. Bakal Caleg 2019 harus memasukkan data melalui Silon ( Sistem Informasi Calon). Pendaftaran bakal Caleg 2019 yang ganda bisa dihindari dengan system seperti ini, baik pendaftaran bakal Caleg 2019 yang ada di partai politik daerah pilihan maupun pendaftaran bakal Caleg 2019 pada tingkatan dewan perwakilan yang berbeda.

Pendaftaran bakal Caleg 2019 ganda akan mudah diantisipasi dengan adanya system Silon (Sistem Informasi Calon) tersebut, tidak seperti dulu yang sering terjadi bakal caleg ganda yang bahkan baru diketahui saat sudah ditetapkan menjadi daftar calon tetap ( DCT ). Pendaftaran bakal Caleg 2019 ganda tentu akan sangat merepotkan semua pihak sehingga sedini mungkin harus bisa diantisipasi.

Penggunaan Sistem Informasi Calon (Silon) dalam pendaftaran Caleg 2019 menguntungkan dan memudahkan banyak pihak yang terlibat. Tidak hanya bagi penyelenggara pendaftaran bakal Caleg 2019 dan partai politik, namun juga bagi masyarakat secara umum. Melalui Silon (Sistem Informasi Calon) semua pihak dapat melakukan pengecekan baik terhadap data maupun riwayat bakal Caleg 2019 yang didaftarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah memberikan akun, username dan password untuk mengisi silon (Sistem Informasi Calon) Caleg 2019 tersebut.

Pendaftaran bakal Caleg 2019 harus bisa sukses diselenggarakan. Untuk itu semua pihak harus mampu menjadi lembaga kontrol yang bertanggung jawab secara bersama – sama mengawal jalannya pendaftaran bakal Caleg 2019. Keakuratan data dan informasi bakal Caleg 2019 akan memudahkan semua pihak yang terlibat di dalam proses pendaftaran calon Caleg 2019 sehingga perlu koordinasi yang baik antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai politik, bakal Caleg 2019 dan juga masyarakat secara luas.

Langkah – langkah untuk pendaftaran bakal Caleg 2019 harus dipatuhi, diikuti dan dilaksanakan oleh semua pihak sehingga pelaksanaan pendaftaran bakal Caleg 2019 akan dapat berjalan lebih baik dan lebih sempurna dibanding tahun – tahun pendaftaran bakal calon sebelum – sebelumnya. bakal Caleg 2019 harus mengisi Sistem Informasi Calon (Silon) seakurat dan sebenar-benarnya sehingga tingkat kesalahan dalam pengisian bisa siminimal mungkin terjadi. Sukses pendaftaran bakal Caleg 2019 akan mengantarkan Komisi Pemilihan Umum menjadi lembaga penyelenggara pemilihan Caleg 2019 yang baik dan benar dan dapat dipertanggungjawabkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Semoga dengan adanya perbaikan terus menerus dalam langkah – langkah pendaftaran bakal Caleg 2019 akan menjadikan suksesnya Pemilu 2019.

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Langkah – Langkah Untuk Pendaftaran Bakal Caleg 2019"