banner 468x60

Langkah Rekrutmen Partai Politik Terhadap Caleg

No comment 18 views
banner 468x60

Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg tentunya harus melalui banyak tahapan – tahapan, dimana persiapannya tidak bisa asal – asalan dalam pola rekrutmen Caleg oleh partai politik. Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg membutuhkan sebuah sistem berjenjang dan berkelanjutan untuk merekrut dan mengumpulkan Caleg – Caleg yang benar layak untuk didaftarkan ke KPU.

Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg seharusnya dilakukan secara matang untuk persiapan pendistribusian Caleg dan juga pengalokasian Caleg yang memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan patut diandalkan. Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg memerlukan sistem kaderisasi yang sifatnya berjenjang dan berkelanjutan. Pola rekrutmen Caleg secara berjenjang tetap harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adanya keterwakilan Caleg dari kaum muda, keterwakilan Caleg dari kaum perempuan, keterwakilan Caleg dari kelompok – kelompok kepentingan di masyarakat sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa terakomodir dengan baik.

Langkah rekrutmen Caleg oleh partai politik seyogyanya tidak dilakukan hanya saat menjelang pemilu saja. Melainkan rekrutmen Caleg ini bisa dilakukan partai politik sepanjang tahun sampai menjelang pemilu berikutnya partai politik sudah siap dengan SDM yang mumpuni sebagai Caleg. Para Caleg yang direkrut sepanjang tahun oleh partai politik dengan sendirinya akan mengalami proses pembinaan loyalis kepartaian dengan langsung dilibatkannya Caleg – Caleg terekrut ini ke dalam seluruh kegiatan atau kerja – kerja kepartaian yang setiap tahun terlaksanakan.

Kesenjangan komunikasi  antara partai dan Caleg bisa dihindari dengan adanya langkah rekrutmen Caleg yang berjenjang dan dilaksakan sepanjang tahun ini. Party ID atau identifikasi pemilih juga bisa direkatkan dengan partai melakukan langkah rekrutmen Caleg secara berjenjang dan berlangsung sepanjang tahun.

Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg juga harus melalui pendekatan yang melembaga (Triple C). Pendekatan yang melembaga (triple C) yaitu pendekatan partai politik terhadap community relations (hubungan komunitas) untuk merekrut Caleg yang memiliki hubungan komunitas, pendekatan partai politik dengan pemberdayaan komunitas (community empowerment) untuk memperoleh Caleg melalui komunitas yang diberdayakan, pendekatan partai politik dengan pelayanan komunitas ( community services) untuk mendapatkan Caleg yang sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui pendekatan – pendekatan tersebut diatas diharapkan partai politik secara alamiah akan bertemu langsung dengan Caleg – Caleg yang merupakan figure berbasis komunitas yang bisa direkrutnya dengan cara elegan dan bernilai. Dengan pendekatan Caleg melalui komunitas ini, sebenarnya partai politik lebih diuntungkan. Keuntungan yang diperoleh partai politik melalui pendekatan komunitas untuk memperoleh Caleg yaitu diantaranya proses rekrutmen Caleg benar – benar sesuai dengan konsep politik perwakilan dalam trias politika. Langkah pendekatan komunitas untuk merekrut Caleg ini juga akan memperkuat basis pemilih terhadap Caleg dan partai politik yang mendaftarkannya sehingga diharapkan pemilu yang akan berlangsung dapat meloloskan Caleg – Caleg yang sudah didistribusikan oleh partai politik itu sendiri.

Langkah rekrutmen partai politik terhadap Caleg diatas tentunya tidak bisa dilakukan sesaat menjelang pemilu 2019. Namun kebutuhan pencalegan yang sudah di depan mata dan tidak bisa dihindari harus disikapi oleh partai politik dengan cara melakukan rekrutmen Caleg secara terbuka dengan mengacu pada orientasi idealis dan strategis kepartaian baik saat sekarang maupun untuk masa yang akan datang. Langkah rekrutmen Caleg dadakan ini bisa disiasasi dengan pemberlakuan fit and proper test internal. Partai politik juga bisa merekrut Caleg dengan melibatkan rekomendasi para ahli untuk Caleg – Caleg dengan track record yang bagus.  Semoga dengan langkah tersebut Caleg terpilih akan bewnar – benar berkualitas.

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Langkah Rekrutmen Partai Politik Terhadap Caleg"