banner 468x60

Membuat Web Perpustakaan Digital, Sebuah Pengantar

7 comments 157 views
banner 468x60

Setiap manusia pasti mempunyai banyak pengalaman yang dapat ditularkan kepada manusia lainnya, termasuk juga pengembaraan dan pengabdian penulis dalam dunia pendidikan. Dengan bekal keterbatasan konsepsi maupun pemikiran kritis. Penulis menganggap pengalaman merupakan fenomena alamiah yang bermuatan nilai. Fenomena tersebut memberikan bumbu pelengkap dalam khazanah pendidikan yang terbingkai dalam pendidikan berbasis pengalaman.
Banyaknya pengalaman berharga yang didapat oleh penulis pada dasarnya mengerucut pada pengalaman sebagai praktisi, petugas, pengelola, dan juga sebagai pembuat kebijakan (policy maker) pada tingkat pelaksana perpustakaan sekolah dasar. Tantangan tersendiri saat itu untuk membuat inovasi strategis secara manajerial maupun operasional guna pemberdayaan dan keberpihakan perpustakaan, dan pada gilirannya berdampak pada peningkatan minat dan kegemaran membaca peserta didik, civitas akademika, masyarakat menuju learning society dan learning community yang merupakan ciri masyarakat maju dan beradab.
Dengan mengambil latar persekolahan sebagai building concept, buku ini dibatasi pada tiga permasalahan pokok, yaitu: Bagaimana mengenal perpustakaan? Bagaimana manajemen perpustakaan pada era semesta digital? Serta usaha-usaha apa saja yang terkait dengan pebuatan perpustakaan digital yang pada akhirnya menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca ???
Namun demikian, dari kesekian hal yang ada hal yang mendasar yang menjadi spirit of injection bagi penulis untuk belajar dan memahami program PHP, MySQL, dan Apache, sehingga tersusun buku yang tidak bermutu ini. Kenyataan itu adalah studi banding penulis pada tanggal 15 Mei 2005  ke perpustakaan SD Islam Al Hikmah Surabaya. Hal ini  merupakan momen penting bagi penulis untuk menemukan ide dan gagasan besar menjadikan perpustakaan digital Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman (MIJS) berbasis teknologi informasi dengan menggunakan program Apache, MySQL, dan PHP dengan bantuan programer Afton Muryanto, S.T. yang tak lain adalah teman SMA (MAN Kudus 02) sekaligus teman kuliah. Salin itu penulis juga sedang mendigitasi perpustakaan SD Plus “Al-Kautsar” Malang dengan model yang sama namun diperkaya dan dikembangkan dengan penyempurnaan program.
Buku ini merupakan buku kedua hasil pengembangan perpustakaan digital dengan Membuat Aplikasi Database Perpustakaan Online Berbasis Web. Sedangkan buku pertama, cenderung membahas permasalahan pengembangan manajemen perpustakaan sehingga pada akhirnya berdampak positif pada semakin meningkatnya minat baca anggota.
Buku ini terbagi menjadi tujuh bagian. Masing-masing bagian diuraikan secara rinci untuk mempermudah pembaca mempelajari dan mengaplikasikannya.
Bagian pertama, berisi tentang pengenalan program Apache, PHP, dan MySQL. Hal ini diuraikan dengan bagaimana instalasi Apache, PHP dan integrasi antara PHP, MySQL, dan Apache. kedua, menguraikan tentang fungsi-fungsi umum PHP yang meliputi; fungsi string, mengacak password, logika, date, pengulangan, session, dan fungsi ekspresi. Ketiga, membahas tentang, mempelajarai bagaimana perencanaan dan pembuatan database yang meliputi;  membuat database untuk administrator, database palayanan referensi, dan database untuk pelayanan sirkulasi. Keempat, membahas tentang script pendukung program yang meliputi script untuk mengakses database, script untuk membuat database, script untuk login, script untuk otentifikasi, dan script untuk memeriksa keberadaan sesi. Kelima, membahas tentang file yang ada dalam pelayanan referensi yang meliputi; database untuk administrator, input data, update data, dan laporan data. Keenam. Membahas tentang script-script yang ada pada proses peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan. Dan Ketujuh, membahas file-file penduung program utama yang meliputi; halaman utama, cataloging, pelayanan sirkulasi, dan halaman pelaporan.
Agar dapat mempermudah pembaca untuk mengaplikasikan langsung, buku ini juga disertai dengan CD yang berisikan file-file PHP, html, maupun script-script file pendukung, sehingga pembaca tidak perlu susah payah menuliskan kembali. Langkah-langkah untuk men-setup web server, menginstall PHP dan database MySQL sudah dijelaskan di dalam buku dan apabila mengalami kesulitan dapat memberikan informasi dan konsultasi lebih lanjut ke email siril_wafa@yahoo.co.id.
Tidak ada pretensi apapun dari penulis untuk mengatakan bahwa buku ini sebagai buku yang terbaik, namun penulis yakin bahwa masih ada peluang di sela-sela berbagai tulisan, buku, dan karya ilmiah tentang pengembangan perpustakaan. Semoga buku ini memberikan kontribusi yang positif bagi inovasi strategis pengembangan software PHP dan MySQL berbasis web yang dapat diaplikasikan dalam bidang kepustakaan.
Pada akhirnya, saya mohon dengan rendah hati, segala kekurangan yang ada untuk dimaafkan. Semoga Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada semua pihak yang telah membantu saya dengan tulus ikhlas, sehingga saya dapat menyelesaikan buku ini. Amin ya rabbal alamin.

Malang, Desember 2006

bagi penerbit yang berminat dapat menghubungi 085234018100

siril_wafa@yahoo.co.id

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 
    1. author

      joko nugroho12 years ago

      saya terarik dengan buku saudara. saya ingin mendapatkan buku ini bagaimana carany

      Reply
    2. author

      siti mahara12 years ago

      bagaimana saya mendapatkan bukunya ?…..

      Reply
    3. author
      Author

      Sismanto12 years ago

      Terimakasih banyak atas ketertarikan jenengan pada naskah buku saya. buku ini belum dapat penerbit. jadi, sekali lagi mohon maaf. Namun tidak menutup kemungkinan bila jenengan ingin belajar tentang buku itu secara langsung kepada saya atau mengenalkan ke pihak penerbit, silahkan kontak lebih lanjut ke email siril_wafa@yahoo.co.id

      Reply
    4. author

      Afton12 years ago

      Untuk pengembangan lebih lanjut lebih baik perpustakaan diperkaya dengan Analisa berupa grafik. Terima kasih Sobat …

      Reply
    5. author
      Author

      Sismanto12 years ago

      sepakat mas afton. tidak menutup kemungkinan bahwa pengembangan perpustakaan digital tidak hanya grafik. bisa jadi dengan metoda-metoda lain yang lebih futuristik

      Reply
    6. author

      Fahmi11 years ago

      Mas saya sangat tertarik dengan buku Anda. Apakah bukunya sudah terbit ? Karena saya sangat ingin memilikinya.

      Reply
    7. author
      Author

      Sismanto11 years ago

      Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

      Mas Fahmi selamat Mas punya kesempatan kuliah,
      yang kedua saya ucapkan terimakasih atas ketertarikan mas dengan buku ini. buku membuat web belum terbit, sementara buku saya yang pertama sudah terbit dan berkaitan dengan perpustakaan juga. adapun judulnya “membuat perpustakaan digital” (Afifah, 2007)

      Salam,
      Sis

      Reply

    Leave a reply "Membuat Web Perpustakaan Digital, Sebuah Pengantar"