banner 468x60

Mengetuk Pintu Langit

No comment 80 views
banner 468x60

Mengetuk Pintu Langit
Sismanto HS
Magnet dan aurora luar biasa Nahdlatul Ulama salah satunya terbukti pada pagi hari ini, ratusan ribu atau bahkan menyentuh angka jutaan warga NU dari berbagai pelosok Jawa Timur pada khususnya berbondong-bondong membanjiri stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Tidak hanya warga NU Jawa Timur saja yang menghadiri istighotsah, namun juga dari berbagai daerah juga tampak hadir di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Salah satunya adalah tetangga kampung saya yang berada di Pati Jawa Tengah, dan tidak menutup kemungkinan daerah-daerah yang lain juga hadir pada acara tersebut.

Berseragam dengan dominasi putih-putih, warga nahdliyin datang sejak pagi hari, dan bahkan ada sebagian yang menginap pada hari sebelumnya untuk menghadiri Istighotsah Kubro yang dihelat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur seiring dengan peringatan hari lahir ke-94 Nahdlatul Ulama yang jatuh pada 16 Rajab.

Sudah dari dulu kegiatan istighotsah ini merupakan adat kebiasaan bagi warga Nahdlatul Ulama, tidak hanya menghadapi masalah-masalah yang besar, namun juga diadakan setiap saat manakala warga NU membutuhkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bagi sebagian orang, barangkali ada yang mengatakan bahwa ini merupakan tradisi “demo” yang biasa dilakukan oleh Nahdlatul Ulama. Artinya demo yang dilakukan NU, tidak perlu ditujukan kepada penguasa, pemimpin, kepala pemerintahan maupun kepada pimpinan partai politik, namun “demo” yang dilakukan NU adalah langsung kepada Allah SWT.

Bagi NU, tidak perlu mengatakan bahwa kamilah Islam yang paling benar, kamila islam yang paling sempurna atau bahkan tidak perlu untuk mengkafir-kafir sesama muslim. Cukup bagi NU untuk menjalankan amaliah yang diajarkan oleh para wali maupun ulama, tanpa harus mengkafir-kafirkan yang lain.

Bagi NU, istighotsah merupakan salah satu alat orang Islam Nusantara berdoa untuk keselamatan negara dan bangsanya. Keselamatan bangsa berarti menyangkut seluruh rakyatnya, keselamatan negara berarti bentuk NKRI yang dicita-citakan oleh para wali dan ulama NU ketika mendirikan dan membangun negeri ini, bukan dengan cara teriak caci maki kepada sesama umat.

Inilah demo ala NU yang sesungguhnya dan hampir dipastikan, tidak ada satupun orang yang mengatakan bahwa ini adalah gerakan politik. Gerakan ini murni doa keselamatan bangsa dari rakyatnya yang selalu berada di garda paling depan ketika negara ini mau diobok-obok oleh negara lain maupun paham-paham yang ingin menghancurkan NKRI.

Istighotsah kubro di Stadion Gelora Delta Sidoarja, ratusan ribu warga nahdliyin mengetuk pintu langit dengan do’a dan tetesan air mata, memohon kepada Allah semoga Indonesia selalu dalam limpahan kasih sayang dan menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Amin

Penulis adalah Wakil Sekretaris PCNU Kutai Timur

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Mengetuk Pintu Langit"