banner 468x60

Menteri dan Bakal Caleg DPR RI 2019

No comment 57 views
banner 468x60

Bakal Caleg DPR RI dalam pemilu legislative 2019 juga berasal dari sejumlah menteri di kabinet kerja. Bakal Caleg DPR RI dari sejumlah menteri telah  diusung oleh partainya masing-masing sebagai calon anggota DPR  (Caleg DPR RI) periode 2019-2024. Empat dari tujuh partai politik yang saat ini ada di cabinet telah mengusung kader mereka sebagai Caleg DPR RI. Keempat partai politik yang telah mendaftarkan kadernya dalam pemilu legislative 2019 diantaranya yaitu: 1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), 2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 3. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan  4. Partai Amanat Nasional (PAN).

Caleg DPR RI diramaikan juga oleh beberapa menteri cabinet Jokowi yang saat ini masih aktif. Caleg DPR RI dari kalangan menteri ini tentu tidak asing kita dengar. Karena pada pemilu – pemilu legislative sebelumnya juga terdapat beberapa menteri yang mendaftar jadi bakal Caleg DPR RI meskipun masa jabatannya belum berakhir dan bakal Caleg DPR RI tersebut lolos dalam pemilu legislative. Presiden sendiri pada saat sekarang ini tidak melakukan pelarangan terhadap menteri – menteri yang masih aktif untuk mendaftar kembali menjadi bakal Caleg DPR RI. Presiden hanya mensyaratkan para menteri harus mengajukan cuti saat memasuki masa kampanye bakal Caleg DPR RI saja.

Ada juga partai politik yang tidak memperbolehkan anggota atau wakilnya yang masih menjabat di kursi legislative maupun posisi menteri aktif untuk mencalonkan diri menjadi Caleg DPR RI. Hal tersebut dimaksudkan agar menteri atau anggota dewan tersebut yang masih menjabat bisa menjalankan tugas dan amanah rakyat sampai masa bakti berakhir dan tidak mendaftar jadi Caleg DPR RI 2019. Tentu masing – masing partai politik punya dasar dan pertimbangan yang berbeda – beda dalam menyikapi menteri maju menjadi Caleg DPR RI periode berikutnya.

Menteri dan bakal Caleg DPR RI ternyata tidak hanya dijalani oleh satu atau dua orang menteri saja. Ada kurang lebih tujuh menteri yang sekaligus mendaftar menjadi bakal Caleg DPR RI. Ketujuh menteri tersebut tentu saja berasal dari partai politik yang berbeda – beda, meskipun ada beberapa orang Caleg DPR RI yang masih menjabat menteri aktif berasal dari partai politik yang sama.

Ketujuh menteri dan bakal Caleg DPR RI  tersebut yaitu : 1. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharan bakal Caleg DPR RI berasal dari PDI Perjuangan. 2. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, bakal Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan. 3. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, bakal Caleg DPR RI dari partai PKB. 4. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, bakal Caleg DPR RI dari partai PKB. 5. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo bakal Caleg DPR RI dari partai PKB, adalah pemain baru yang belum pernah ikut pemilu. 6. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, bakal Caleg DPR RI dari partai PPP. 7.  Asman Abnur, yang kini menjabat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menjadi bakal Caleg DPR RI 2019 dari partai PAN.

Tiga menteri dari partai Golkar yang tidak diusung untuk menjadi Caleg DPR RI periode 2019 yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Idrus Marham dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Ketiganya tidak diusung sebagai Caleg DPR RI 2019.

 

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Menteri dan Bakal Caleg DPR RI 2019"