banner 468x60

Rincian Kekurangan Kuota Caleg DPR RI Dari Enam Partai

banner 468x60

Rincian kekurangan kuota Caleg DPR RI dari enam partai yang mengikuti pileg 2019 telah di rilis oleh KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI dan di tampilkan pada laman situs resmi KPU RI. Enam partai yang telah disebutkan mengirimkan Caleg DPR RI kurang dari 575 Caleg DPR RI dimana kuota yang diberikan oleh penyelenggara tidak diisi secara maksimal sehingga jumlahnya dibawah kuota. Masing – masing partai politik diberi kuota 575 Caleg DPR RI untuk 80 dapil (daerah pilihan), maka jika jumlah Caleg DPR RI yang masuk daftar calon sementara Caleg DPR RI kurang dari kuota maka dapil yang terisi bakal Caleg DPR RI juga kurang dari 80 dapil (daerah pilihan).

Adapun rincian kekurangan kuota Caleg DPR RI dari enam partai yang telah dirilis oleh KPU RI adalah sebagai berikut : Partai politik PBB bakal Caleg DPR RI yang diajukan 415 Caleg DPR RI, tapi sejumlah bakal Caleg DPR RI tak bisa ikut diteliti. Ada juga partai politik Demokrat yang mana satu bakal Caleg DPR RI perempuan salah penempatan sehingga mereka memilih Caleg DPR RI itu dikeluarkan saja dari daftar bakal Caleg DPR RI. Partai politik PKPI menjadi parpol yang mendaftarkan bakal Caleg DPR RI paling sedikit. Partai politik PKPI  itu hanya mendaftarkan nama 177 bakal Caleg DPR RI ke KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI.

Setelah partai politik PKPI, ada partai politik PBB yang mengajukan 415 nama bakal Caleg DPR RI. Akan tetapi, berkas bakal Caleg DPR RI dari partai politik PBB yang bisa diteliti KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI hanya berjumlah 295 orang bakal Caleg DPR RI. Sementara itu partai politik Garuda mendaftarkan 375 nama bakal Caleg DPR RI. Kemudian, partai politik PKS memasukkan nama 538 bakal Caleg DPR RI sebagai wakil rakyat ke KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI. Jumlah bakal Caleg DPR RI yang diajukan partai politik Hanura adalah 559 orang bakal Caleg DPR RI. Sementara partai politik Demokrat mengajukan nama 574 kadernya sebagai bakal Caleg DPR RI.

Setelah verifikasi administrasi bakal Caleg DPR RI dilakukan oleh KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI, selanjutnya KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI mengumumkan hasilnya bakal  Caleg DPR RI yang menjadi bakal  Caleg DPR RI 2019 ke setiap partai politik peserta pemilu. Masa perbaikan berkas bakal Caleg DPR RI akan berlangsung pada tanggal 22-31 Juli 2018. Lalu, KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI kembali melakukan verifikasi berkas Caleg DPR RI, perbaikan berkas bakal Caleg DPR RI dilakukan pada tanggal 1-7 Agustus 2018. Penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota dilakukan pada tanggal  8-12 Agustus 2018.

KPU RI (Komisi Pemilihan Umum) RI membuka ruang masyarakat memberi tanggapan atas DCS(Daftar Calon Sementara) Caleg DPR RI pada tanggal  12-21 Agustus 2018. Setelah itu, penyelenggara pemilu akan melakukan klarifikasi dengan parpol pada tanggal 22-28 Agustus dan membuka ruang jawab di tanggal 29-31 Agustus. Adapun penetapan daftar calon tetap (DCT) akan dilakukan oleh KPU pada tanggal 20 September 2018. DCT itu yang akan menjadi basis penyusunan surat suara untuk pemilu 2019.

 

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Rincian Kekurangan Kuota Caleg DPR RI Dari Enam Partai"