banner 468x60

Tahapan Pendaftaran Caleg

1 comment 26 views
banner 468x60

Syarat menjadi Caleg berdasarkan Undang – Undang telah disepakati oleh keseluruhan elemen yang bersangkutan dengan Caleg, sehingga apa yang sudah disepakati dalam Undang – Undang adalah ketentuan mutlak yang harus pula ditaati oleh seluruh partai politik peserta pemilu. Partai politik yang akan mendaftarkan bakal Caleg juga harus mengikuti ketentuan yang ada dalam Undang – Undang. Sehingga semua partai politik sama penerapannya dalam rangka memenuhi syarat untuk menjadi Caleg.

Pendaftaran Caleg secara serentak ini diikuti oleh pendaftaran calon anggota legislative baik Caleg DPR, Caleg DPRD provinsi maupun Caleg DPRD kabupaten/ kota serta Caleg DPD di seluruh Indonesia. Pendaftaran Caleg secara serentak ini mulai dibuka pendaftarannya pada hari Rabu, tanggal 4 bulan Juli tahun 2018. Tahapan pendaftaran Caleg ada 16 tahapan yang harus dilalui oleh calon anggota DPR, Anggota DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota. Tahapan pendaftaran Caleg yang pertama adalah tahap pendaftaran Caleg yang dibuka tanggal 4 Juli 2018 dan berakhir sampai tanggal 17 bulan Juli tahun 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang kedua adalah verifikasi administrasi bakal Caleg yang dilakukan pada tanggal 5 Juli 2018 dan berakhir pada tanggal 18 Juli 2018.


Tahapan pendaftaran Caleg yang ketiga yaitu Komisi Pemilihan Umum akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bakal Caleg kepada partai politik peserta pemilu. Tahapan pendaftaran Caleg yang keempat yaitu pada tanggal 22 sampai tanggal 31 Juli 2018 akan ada perbaikan daftar Caleg dan syarat Caleg serta pengajuan bakal Caleg pengganti. Tahapan pendaftaran Caleg yang kelima yaitu verifikasi terhadap perbaikan daftar Caleg dan syarat Caleg pada tanggal 1 sampai tanggal 7 Agustus 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang keenam yaitu penyususnan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) pada tanggal 8 Agustus sampai pada tanggal 12 Agustus 2018.

Tahapan pendaftaran Caleg yang ketujuh yaitu pengumuman daftar calon sementara (DCS) anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota serta persentase keterwakilan perempuan pada tanggal 12 Agustus sampai pada tanggal 14 Agustus 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang kedelapan yaitu akan ada masukan dan tanggapan dari masyarakat pada tanggal 12 Agustus sampai 21 Agustus 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang kesembilan yaitu adanya permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap daftar calon sementara (DCS) pada tanggal 22 Agustus sampai tanggal 28 Agustus 2018.
Tahapan pendaftaran Caleg yang kesepuluh yaitu pada tanggal 29 Agustus sampai tanggal 31 Agustus 2018 masuk tahap penyampaian klarifikasi dari partai politik kepada KPU provinsi /KIP Aceh dan KPU/KIP kabupaten/kota. Tahapan pendaftaran Caleg yang kesebelas yaitu pemberitahuan pengganti DCS pada tanggal 1 sampai tanggal 3 September 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang keduabelas yaitu pengajuan pengganti bakal Caleg dibuka pada tanggal 4 sampai tanggal 10 September 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang ketigabelas yaitu verifikasi pengganti DCS pada tanggal 11 sampai 13 September 2018.

Tahapan pendaftaran Caleg yang keempatbelas yaitu penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT) pada tanggal 14 sampai tanggal 20 September 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang kelimabelas yaitu pengumuman DCT pada tanggal 21 – 23 September 2018. Tahapan pendaftaran Caleg yang terakhir yaitu pemilihan legislative (pileg) yang akan dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu tanggal 17 bulan April tahun 2019.

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 
    1. author

      alman3 months ago

      selamat atas domain barunya, semoga sukses selalu

      Reply

    Leave a reply "Tahapan Pendaftaran Caleg"