banner 468x60

Tasmiyah

No comment 69 views
Tasmiyah,5 / 5 ( 1votes )
banner 468x60

Foto ini diambil secara candide saat saya diminta oleh tuan rumah menjadi “ustaz” untuk memimpin acara tasmiyah atau pemberian nama kepada bayi, Rabu (3/10).

Tasmiyah atau pemberian nama menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat di Sangatta. Hal itu juga dirasakan oleh Bapak Nanang Hardiyanto dan istri yang memberikan nama putra ketiganya dengan nama yang indah “Muhammad Zaidan Athafariz”.

Seorang orientalis Barat William shakespear pernah mengatakan apa arti sebuah nama, what is the meaning of a name?. Pandangan shakespear ini menganggap bahwa nama seseorang tidak memiliki arti apapun, Andaikan seseorang memberi nama lain untuk bunga mawar ia tetap memiliki bau wangi. Tetapi, saya lebih setuju dengan pandangan dari Ali bin Abi Tholib karromallohu wajhah bawa nama seseorang adalah doa dan nama adalah harapan dari kedua orang tuanya.

Tradisi pemberian nama merupakan tradisi yang dilakukan oleh para Salafus Saleh. Meskipun, tidak ada panduan khusus dalam ritual pemberian nama. Namun dalam hal memberikan nama, ada batasan-batasan yang perlu diketahui yakni memberikan nama yang baik. Berbeda halnya dengan ritual aqiqah yang ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan dalam melakukan tradisi aqiqah, yakni 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan.

Untuk itu. merayakan tradisi pemberikan nama dengan mengundang tetangga terdekat untuk menyaksikan ritual pemberian nama yang baik untuk anak ini sangatlah baik, dapat memberikan semangat kekeluargaan antar tetangga dan antar tetangga saling silaturahim dan kunjung mengunjungi. Hal inilah yang dicirikan sebagai khatakteristik Islam nusantara.

#GenerasiOptimis
#KyaiKampung
#NotoSandalSakdurungeNotoAti

Related Search

Email Autoresponder indonesia
author
Author: 

    Leave a reply "Tasmiyah"